Skip to main content

Book Launch: Crazy Little Heaven by Mark Heyward

Book Launch: Crazy Little Heaven by Mark Heyward

[Makassar] Peluncuran Buku Crazy Little Heaven yang berlangsung pukul 14:00-15:30 WITA di ruang DKM fort Rotterdam berjalan lancar. Ruangan dihadiri oleh sekitar 15 orang peserta. Crazy Little Heaven merupakan sebuah karya yang menceritakan kisah Mark Heyward menjelajahi Kalimantan Timur, Indonesia. Dalam bukunya, Mark Heyward bercerita tentang pengalaman yang membuat dirinya sendiri berdecak kagum dengan Indonesia. Sepanjang petualangannya di Pulau Borneo, Mark menyaksikan sisi lucu, tragis, bahagia, dan sedih yang bercampur aduk. Salah satunya adalah pada tahun 1992, Ia mendapati seorang warga negara Australia yang bekerja sebagai pengajar di sekolah international untuk penambang asing. Buku ini juga menceritakan bagaimana Mark bertemu dengan istrinya. "20 tahun lalu selain jatuh cinta dengan Indonesia, saya juga jatuh cinta dengan perempuan Indonesia," ujar Mark sambil tersenyum ke arah istrinya saat itu menemaninya dan duduk di kursi paling belakang. Mark Heyward sudah sudah menyukai menulis sejak masih duduk di bangku sekolah dasar.

"Kembali Ke Tasmania,  aku mendapatkan diriku merindukan Indonesia. Aku rindu kekacauan yang menyenangkan, bunga kamboja, selokan, rokok kretek, semua terasa manis," ungkapnya kala membacakan salah satu paragraf di bagian epilog yang tertulis di buku Crazy Little Heaven. Mark meramu tulisannya dengan kalimat-kalimat indah yang menyentuh. Adanya perbedaan budaya, membuatnya sedikit mengalami kesulitan seperti pada saat ia menyadari bahwa orang Indonesia lebih fleksibel terhadap waktu. "Yah kita harus mengerti bahwa itu adalah bagian dari budaya, kalau tidak, yah akan stress" tambahnya. 

"Sebagian besar novel berbahasa asing ketika diterjemahkan ada beberapa bagian yang tidak sampai ke pembaca. Bagaimana menurut Mark mengenai buku ini?" Tanya ulfi Salah satu peserta book launch. Mark menjelaskan bahwa ia cukup puas dengan hasil terjemahannya karena Mark sendiri terlibat langsung kedalam proses penerjemahan. Sehingga Mark bisa langsung mengoreksi apabila terdapat bagian yang tidak sesuai dengan aslinya.

Kontributor: Sry Novi Yanti Sofya

Time