Skip to main content

Book Launch: Kematian Anda yang Tak Sia-sia

Book Launch: Kematian Anda yang Tak Sia-sia

Judul Buku                : Kematian Anda yang Tak Sia-sia

Penulis                      : Alfian Dippahatang

Tanggal Terbit           : Mei 2018 (Cetakan I)

Penerbit                     : Diva Press

Alfian Dippahatang, salah satu Emerging Writers MIWF 2018 merilis karya terbarunya berupa novel berjudul “Kematian Anda yang Tak Sia-sia”. Acara launching ini dipandu oleh penulis Novel Puya ke Puya, Faisal Oddang. Novel ini menceritakan kisah sepasang kekasih yang merupakan tokoh utama bernama Anda dan Lelakiku. Dalam novel ini terdapat 23 catatan yang ditulis oleh tokoh utama bernama Anda untuk sang kekasih, yang kemudian dibaca oleh Lelakiku saat Anda sudah meninggal.

Menurut Faisal Oddang yang juga menulis kata pembuka pada novel ini, banyak hal yang ingin disuarakan oleh Alfian baik secara sengaja maupun tidak melalui novel ini. Alfian berusaha mengangkat hal-hal yang meresahkan yang Ia temui dalam lingkungan sekitarnya. Sebagai pemuda yang tumbuh besar di Kab. Bulukumba, Alfian mengangkat Budaya Kajang, dimana salah satu masalah yang sedari dulu menjadi momok bagi masyarakat disana adalah masalah perebutan lahan oleh perusahaan asing. Tokoh lelakiku dalam novel ini digambarkan sebagai lelaki yang lahir di Kajang Dalam yang notabene memiliki adat istiadat yang kuat. Namun tokoh Lelakiku ini didesain sebagai seseorang yang telah mengenyam pendidikan sehingga telah terpapar oleh hal-hal modern. Sementara itu, Alfian menggambarkan tokoh Anda sebagai wanita yang maskulin dan berkarakter lebih keras dibandingkan dengan tokoh Lelakiku. Konflik keduanya yang kemudian dikembangkan oleh Alfian dalam novelnya ini. Hal-hal lain tentunya akan lebih dapat didalami, jika kita membaca langsung novel ini.

Alfian Dippahatang selama ini sebenarnya lebih dikenal sebagai penulis puisi. Alfian mengungkapkan bahwa pada awalnya, Ia sebenarnya ingin menuliskan keresahan-keresahannya tersebut dalam bentuk puisi. Namun, pada tahun 2016 Ia menyadari bahwa ada hal-hal yang sulit dituangkan dalam puisi, sehingga Ia memutuskan untuk memulai meluangkan waktu untuk menuliskannya dalam bentuk novel.

Perjalanan penulisan novel Kematian Anda yang Tak Sia-sia ini cukup berat menurut Alfian. Dimana, selama kurang lebih satu tahun, naskahnya sempat terlunta-lunta di tangan penerbit, sampai akhirnya Ia memutuskan untuk mencari penerbit lain dan berlabuh di Penerbit Diva Press. Alfian mengungkapkan bahwa walaupun berat dan kali ini merupakan pertama kalinya Ia menulis novel, namun Ia juga telah menemukan kesenangan sendiri dalam prosesnya.

Di akhir acara, penulis yang punya mimpi ingin menerbitkan paling tidak satu novelnya sebelum lulus kuliah ini mengungkapkan beberapa pesan kepada audiens yang hadir. Pesan pertamanya tentu saja adalah berharap agar audiens yang telah mengikuti diskusi dapat tertarik dan membeli novelnya. Hal lain, yang Ia garis bawahi juga adalah bahwa dalam proses penulisan haruslah menjaga hubungan antara penulis dan editor, karena berdasarkan pengalamannya, hal ini sangatlah penting. Terakhir, Ia bersyukur karena dapat bertemu banyak teman-teman baik melalui Penerbit Diva Press.

Acara sore hari yang dilaksanakan di Veranda I Fort Rotterdam ini cukup meriah dan akrab. Hal ini mungkin juga dipengaruhi fakta bahwa Alfian Dippahatang adalah penulis muda yang masih duduk di bangku kuliah, sehingga sebagian besar audiens berasal dari mahasiswa. Faisal Oddang yang memandu jalannya diskusi juga cukup interaktif dan sering berbaur dengan audiens selama acara berlangsung.

 

Kontributor: Harlystiarini

Time