Skip to main content

Capture Moment and Rewrite

Capture Moment and Rewrite

Capture Moment and Rewrite dibawakan oleh Murni A Ridha yang merupakan co-founder sekaligus managing content dari Iwashere pada Jumat 4 Mei 2018.  Dia memaparkan salah satu foto dari akun Instagram Iwashere, kemudian menjelaskan tentang bagaimana sebuah foto dapat bercerita. Hamparan Danau Paisu Ppook yang terletak di Banggai, Sulawesi Tengah. Foto itu bercerita tentang keindahan danau serta interakasinya dengan kumpulan anak desa yang tengah merayakan ulang tahun salah satu dari mereka. Iwashere sendiri merupakan media perjalanan yang berfokus pada momen saat melakukan perjalanan.

Murni A Ridha bersama dengan Windy Ariestanty menantang para peserta umtuk bermain menangkap cerita dan menuliskannya kembali dengan cara mengupload sebuah foto dan bernarasi melalui caption instagram. Suasana langit sore khas jam 4-5 sore yang teduh, ditambah semburat matahari yang mulai tenggelam dan muncul dari cela-cela pohon. Taman baca Fort Rotterdam  padat oleh peserta  riuh ruah ketika beberapa orang peserta maju dan membacakan hasil narasinya.

"Jangan terlalu jauh mikirnya, ada banyak momen di sekitar kita, bahkan dari hal-hal kecil. Yang penting itu bermakna," ungkap Murni bersemangat. Ia juga menceritakan pengalamannya ketika menghadiri salah satu acara pawai yang diadakan di Bogor Jawa Barat dan bagaimana iya kemudian menuliskan kembali interaksinya bersama seorang ibu dalam sebuah narasi. Ia menjelaskan bagaimana dari hal-hal kecil sederhana mampu menghasilkan narasi menarik. "Semua orang punya cerita, dan semua tempat punya cerita," ucap Murni. Ia juga memaparkan keresahannya mengenai masih kurangnya narasi yang menjelaskan Mengenai daerah-daerah di indonesia. Mengingat ungkapan Wendy Ariestanty pada workshopnya pada MIWF2018 Rabu 2 Mei kemarin bahwa perlawanan paling kuat adalah dengan terus bernarasi.

 

Kontributor: Sry Novi Yanti Sofya

Time