Skip to main content

Childern's Literature Program: Make Your Own Picture Book bersama Shoba Dewey Chugani

Childern's Literature Program: Make Your Own Picture Book bersama Shoba Dewey Chugani

Masih dari rangkaian MIWF 2018, sore hari kedua diramaikan kembali dengan program untuk anak yakni Childern's Literature Program: Make Your Own Picture Book bersama Shoba Dewey Chugani. Shoba Dewey Chugani merupakan founder dari Saraswati Friends of Children Foundation dan Saraswati Preschool yang telah berdiri di Jakarta sejak tahun 2007.

Dalam kegiatan ini Shoba yang merupakan pendidik dan juga penulis buku anak ini  mencoba berbagi hal-hal menarik dan seru terkait buku bergambar. Melalui acara ini, Shoba mengajak peserta untuk bermain-main dengan imajinasi dan menuangkan imajinasi tersebut ke dalam sebuah karya.

Di awal acara, Shoba mencoba berinteraksi dengan meminta beberapa peserta untuk memilih suatu karakter yang Ia sediakan dan kemudian mendiskusikan karakter yang terpilih tersebut bersama peserta lainnya. Ini adalah pendekatan yang dilakukan oleh Shoba Dewey agar peserta bisa lebih mendekatkan diri dengannya. Dari sini, ia mencoba mengajak para peserta untuk mengembangkan imajinasi bahwa sebuah karakter cerita tidaklah selalu harus berupa makhluk hidup. Mahluk tidak hidup pun seperti robot, monster dan sebagainya juga bisa dijadikan karakter cerita yang menarik.

Selanjutnya, Shoba membacakan salah satu cerita anak bergambar berjudul Stuck karya Oliver Jeffers. Cara Shoba membacakan cerita yang mengajak peserta menebak-nebak setiap kemungkinan kelanjutan cerita membuat peserta menjadi berlomba lomba berbagi ide. Setelah melihat contoh tersebut, kegiatan kemudian memasuki sesi praktik langsung membuat buku cerita bergambar sendiri. Dalam kegiatan ini, peserta diberi buku, baik buku yang telah memiliki template cerita yang bisa dikembangkan oleh peserta maupun juga buka yang sama sekali kosong sehingga peserta bisa mengisinya seimajinatif mungkin.

Di akhir acara, beberapa peserta secara acak diajak membacakan hasil karyanya. Selain itu, hasil karya yang telah dibuat dapat dibawa pulang, sehingga dapat dikembang lebih lanjut oleh para peserta.

 

Kontributor: Harlystiarini.

Time