Skip to main content

Diskusi Panel: My Favorite Platform for Storytelling

Diskusi Panel: My Favorite Platform for Storytelling

Perhelatan MIWF 2018 memasuki hari terakhir. Berbeda di hari sebelumnya, kali ini tidak ada program yang dilaksanakan di kampus-kampus. Semua program di pastikan bertempat di Fort Rotterdam.

Panel diskusi: My Favorite Platform for Storytelling termasuk salah satu program yang diadakan di Fort Rotterdam. Diskusi tersebut diisi oleh Nadhifah Allya Tsana, Wani Ardy, Stefani Bella, Sirhayani dan dipandu oleh Claudia Nasution. Kegiatan diskusi ini bertujuan untuk membagikan pengalaman beberapa penulis yang karya-karya nya dikenal pembaca dari platform penulisan, seperti Wattpad, Blog, Tumblr dan media sosial lainnya.

Salah seorang penulis Nadhifah Allya Tsana mengungkapkan bahwa dia tidak pernah berusaha memaksa orang untuk membaca tulisannya.

"Aku nggak pernah berusaha mempromosikan tulisan. Karna setiap cerita yang tulus itu pasti akan menemukan pembacanya" ungkapnya setelah menjawab pertanyaan dari moderator.

Penulis yang akrab di panggil Tsana itu membagikan tulisannya, mulai dari giat menulis puisi di Instagram dengan nama Rintik Sendu, sebelum akhirnya salah satu temannya memberi saran untuk menuangkan tulisan itu di Wattpad. Berbicara tentang platform Wattpad Claudia Nasution selaku moderator mengatakan bahwa aplikasi Wattpad sudah ada sejak lama, hanya saja aplikasi tersebut baru terdengar gaungnya di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir

"Sebenarnya Wattpad sudah ada pada tahun 2006. Sedangkan di Indonesia baru populer 3-5 tahun belakangan, saat platform blog juga sedang naik daun pada waktu itu,” pungkasnya.

Salah satu penulis Wattpad yang juga ikut menjadi pembicara dalam diskusi tersebut adalah Sirhayani. Karyanya yang mendapatkan perhatian lebih di Wattpad berjudul "True Stalker".

Sirhayani awalnya adalah seorang pembaca. Keterbatasan novel-novel di kampung halamannya tidak mengundurkan niatnya untuk menulis cerpen di Wattpad. Tahun 2016 ia mulai menerbitkan buku "True Stalker" dan memutuskan berhenti kuliah untuk fokus menulis. Sebelum karyanya dilirik oleh penerbit, 5 novelnya pernah ditolak di 5 penerbit berbeda-beda.

Selain penulis yang aktif di berkarya di Wattpad. Panel diskusi ini juga dihadiri oleh Stefani Bella. Salah seorang penulis yang aktif menulis di platform Tumblr.

Stefani Bella adalah salah satu penulis yang giat dan aktif menulis sejak SMP. Berpindah platform dari blogspot dan wordpress kemudian ke Tumblr sebelum tulisannya akhirnya dilirik penerbit dan dijadikan buku. Dia menyarankan, untuk menemukan pembaca, dia hanya berusaha sering memposting tulisan secara rutin.

Wani Ardy, selaku penulis asing yang berasal dari Kuala Lumpur, Malaysia dan sebelumnya aktif menulis puisi itu juga ikut menambahkan bahwa "Puisi itu untuk di cintai bukan untuk di pahami. Seperti cinta pada pandangan pertama"

Panel diskusi di mulai pukul 11.00 dan berakhir pukul 12.30 di gedung I La Galigo, Fort Rotterdam, Makassar.

 

Kontributor: Reyhan Ismail

 

Time