Skip to main content

Komitmen Nirsampah, PasarBaik Kembali Digelar

Komitmen Nirsampah, PasarBaik Kembali Digelar

NasiBaik yang merupakan mitra kerja Makassar International Writers Festival (MIWF) kembali menggelar PasarBaik yang digelar di halaman belakang Rumata Artspace, Jalan Bontonompo No 12 A Gunung Sari Makassar, Sabtu 14 September 2019, pukul 13.00-22.00 WITA.

Sama seperti yang pertama, PasarBaik tetap merupakan zero waste event pasar yang menerapkan model zero waste (nirsampah) atau dengan kata lain tidak ada sampah yang berakhir di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Semua pihak yang terlibat, mulai penyelenggara, panitia, pelapak, pembeli, pengunjung yang hadir bersama-sama mewujudkan upaya tersebut. Caranya, tidak menggunakan plastik sekali pakai apalagi styrofoam, membawa botol minum dan kotak makan sendiri meskipun disediakan oleh para penjual dan ada galon isi ulang air mineral untuk siapapun, gratis. 

“Ada jeda selama sebulan di Agustus karena kami gunakan untuk evaluasi program-program NasiBaik dan banyak acara yang terjadi selama bulan tsb, makanya skip dulu. Untuk sekarang kami ingin mencoba mengadakannya sehari saja di hari Sabtu agar hari Minggu nya orang bisa beristirahat untuk kembali sekolah dan bekerja besoknya. Kami ingin mengadakannya setiap bulan di hari Sabtu,” ujar salah satu pendiri PasarBaik, Fikri Yatir.

Program-programnya sendiri, kata Fikri, lebih berkonsep, meskipun mungkin tidak kentara, tapi sebenarnya tentang keluarga. Karena cocok dengan nama inkubatornya rumata’.

“Pendidikan itu kan bermula dari rumata alias rumah kita yang dalam hal ini keluarga, termasuk pendidikan untuk bertanggung jawab terhadap sampah yang dihasilkan,” jelas Fikri. 

Oleh karena itu, lannjut Fikri program seperti dongeng anak, sinrili’, dan film yang diputar untuk layar tancap nanti bertema keluarga. 

Pihak juga bekerja sama dengan Laskar Pemulung dan Zero Waste Makassar yang menginisiasi program baru bernama BerBaBu (barter baju dan buku) dan diskusi soal isu fast fashion yang diangkat lewat BerBaBu, Rumah Dongeng dan Komunitas Pecinta Anak Jalanan Makassar yang akan membawa adik2 binaannya sebagai pendengar dongeng. Para orang tua yang mau bawa anaknya dan berteman dengan adik-adik dari KPAJ juga tentu saja bisa. 

Bazar ada makanan minuman dan craft. Ada 10 pelapak yang berjualan. 

Selain itu, juga ada sesi ngobrok dengan tim NasiBaik yang akan sekalian memperkenalkan dirinya, terkait program-programnya ke depan, salah satu yang pertama kali dibocorkan di sini adalah Youth Cafe Program.

Amy Djafar