Skip to main content

MIWF MENANG THE LITERARY FESTIVAL AWARD DI LONDON BOOK FAIR

MIWF MENANG THE LITERARY FESTIVAL AWARD DI LONDON BOOK FAIR

MAKASSAR - Makassar International Writers Festival (MIWF) terpilih sebagai pemenang International Excellent Award 2020, kategori The Literary Festival di London Book Fair (LBF) yang diumumkan Rabu (11/3/2020) waktu setempat.

Meski LBF 2020 dibatalkan karena pandemi virus corona, pengumuman pemenang International Excellence Award LBF 2020 bekerja sama dengan Asosiasi Penerbit tetap dilakukan melalui media sosial LBF.

Menurut Direktur MIWF Lily Yulianti Farid, pengumuman ini dilakukan secara daring, mengingat maraknya Virus Corona.

"Kami tentunya sangat berbangga dan bahagia, event independen bisa memenangi penghargaan internasional ini. Kami persembahkan ini, untuk semua relawan MIWF yang mendedikasikan diri sejak 2011. Relawan adalah orang-orang biasa yang memiliki komitmen luar biasa untuk agenda literasi ini berjalan setiap tahun," ujar Lily.

MIWF menjadi satu-satunya wakil Asia dan telah dua kali masuk dalam daftar pendek kategori Festival Sastra Terbaik secara beruntun. MIWF terpilih dari dua nominator lainnya, yakni Festival of World Literature dari Kroasia dan Frankfurt liest ein Buch dari Jerman. Para kurator yang telah memilih MIWF sebagai pemenang menyatakan bahwa festival ini,

“Has developed a radically inclusive operation transparent in its working methods and fearless in its programming,” ujar kuratornya.

Selain penghargaan untuk kategori festival sastra, penghargaan ini juga diberikan untuk berbagai kategori lainnya, mulai dari inisitiatif penerjemahan terbaik, penerbitan terbaik, penerbitan buku audio terbaik, inisiasi pendidikan terbaik, agen sastra terbaik, hingga toko buku independen terbaik.

Stephen Lotinga, CEO Asosiasi Penerbit, sangat menyesalkan tidak dapat menyampaikan secara langsung penghargaan kepada para pemenang seperti dikutip dari situs resminya.

Lebih lanjut, dia menyebutkan, meskipun mengecewakan tidak dapat bertemu dan memberi selamat kepada semua orang secara pribadi, sangat fantastis melihat penghargaan akan dikirim ke seluruh dunia, dari Italia ke India, Indonesia ke Selandia Baru-refleksi sejati dari sifat penerbitan internasional.

Saat ini, MIWF tengah menyiapkan diri untuk memasuki 1 dekade, yang akan digelar pada 24-27 Juni, dengan konsep terbuka untuk umum dan gratis untuk mengikuti semua programprogramnya. MIWF juga mewujudkan No All-Male Panels untuk mendukung kampanye #eachforequal dari International Women’s Day. MIWF akan tetap konsisten menghadirkan sejumlah penulis dari berbagai wilayah di Indonesia hingga internasional dengan konsep nirsampah.

 

Contact Person: Rachmat Hidayat Mustamin (+62 82113635219)

Lampiran: tautan pengumuman resmi International Excellence Award, LBF 2020 - https://hub.londonbookfair.co.uk/the-london-book-fair-award-winners-announced/