Skip to main content

The Opening: Under The Poetic Stars

The Opening: Under The Poetic Stars

Makassar International Writers Festival kembali hadir untuk ke-8 kalinya di tahun 2018 dan dibuka secara resmi  pada Rabu malam (2/5/2018).

Panggung Under The Poetic Stars yang hadir setiap tahun di Makassar International Writers Festival dibuka dengan penampilan apik peserta residensi Beasiswa Seni Budaya Indonesia yang menarikan tarian khas Sulawesi Selatan dengan sentuhan modern. Beasiswa Seni Budaya Indonesia sendiri adalah program yang diinisiasi oleh Rumata’ Artspace dan Kementerian Luar Negeri di mana tahun ini diikuti oleh peserta dari berbagai negara, yakni Brunei Darussalam, Kepulauan Solomon, Malaysia, Ceko, Afrika Selatan, Jerman, dan Rusia.

Dalam sambutannya, Lily Yulianti yang merupakan founder MIWF mengungkapkan bahwa MIWF telah menjadi identitas kultural di Kota Makassar di mana MIWF merupakan kegiatan yang seratus persen digerakkan oleh volunteer dari berbagai kota dan negara yang secara sukarela datang ke Makassar dan bersama-sama menggerakkan kegiatan ini. Usai memberikan kata sambutan, Lily kemudian mengundang enam Emerging Writers dari Indonesia Timur yang lulus seleksi penulis undangan MIWF 2018. Di antara penulis yang diundang yakni Alfian Dippahatang dari Makassar, Eko Saputra Paceratu dari Ambon, Mohamad Baihaqi dari Mataram, Rachmat Hidayat Mustamin dari Makassar, Riyana Rizki dari Lombok Timur, dan Wika G. Wulandari dari Tidore.

Di panggung ini juga dilakukan pemutaran film Tribute to Salawati Daud yang merupakan karya sutradara Ika Mahardika. Film ini menceritakan tentang kegigihan seorang tokoh perempuan bernama Salawati Daud yang merupakan walikota pertama di Makassar yang sekaligus merupakan walikota perempuan pertama di Indonesia. Film ini sendiri disponsori oleh Norwegian Embassy di mana di panggung ini dilakukan penyerahan film secara simbolis dari sang sutradara kepada perwakilan pihak sponsor.

Di akhir acara, MIWF menyuguhkan diburan menarik dari kawan-kawan difabel berupa persembahan puisi yang berjudul “Doa”, serta penampilan yang menghibur dari musisi asal Makassar Sese Lawing.

Panggung Under The Poetic Stars akan hadir setiap malam selama MIWF 2018 berlangsung yakni hingga hari Sabtu (5/5/2018) dan akan menyuguhkan berbagai hiburan yang segar dan tentu saja menarik.

 

Kontributor: Farah Djamal

Time