Skip to main content

Talkshow: You Shouldn't Be Afraid of Critics

Talkshow: You Shouldn't Be Afraid of Critics

Makassar Internasional Writers Festival memasuki hari kedua, tepatnya tanggal 3 Mei 2018. Semenjak hari pertama beberapa program yang dilaksanakan di First Rotterdam dan beberapa kampus itu sudah mulai di ramaikan oleh berbagai golongan masyarakat. Di hari kedua  Salah satu program yang di adakan adalah Talkshow: You Shouldn't Be Afraid of Critics! yang di isi oleh Hikmat Darmawan dan di moderatori oleh Andrew Parinussa. Talkshow berlangsung mulai pukul 16.00 di Fort Rotterdam, tepatnya di taman baca.  Seluruh program yang diadakan MIWF tahun ini tidak dipungut biaya, termasuk talkshow yang di isi oleh Hikmat Darmawan ini.

Terhitung lebih dari 20 peserta ikut menyimak Hikmat Darmawan berbagi tentang pengalaman serta pandanganya terhadap bagaimana sebuah kritik mempengaruhi karya dan penciptanya sendiri. "Kritik adalah sebuah apresiasi. Kritik tidak mululu meliput berbicara kejelekan seseorang. Kritik bisa berfungsi untuk memperkenalkan pentingnya sebuah karya" ungkap Hikmat Darmawan dalam sesi talkshow yang berlangsung dengan santai itu.

Hikmat Darmawan sendiri di kenal sebagai pengamat budaya pop khususnya komik. Dia juga dikenal sebagai kritikus film dan jurnalis. Menurutnya kritik dalam penyampaiannya itu dibagi tiga. Kritik sosial, seni dan personal. Setelah berlangsung selama setengah jam, talkshow akhirnya memasuki sesi tanya jawab. Dia juga sedikit bercerita tentang bagaimana kritiknya ditanggapi negatif oleh pemilik karya itu sendiri. Menurut pandangan Hikmat Darmawan bagaimanapun bentuk perjumpaan pengkritik dan pencipta karya akan selalu menghasilkan sesuatu yang berfaedah.

Setelah talkshow You Shouldn't Be Afraid of Critics!, Hikmat Darmawan besoknya juga akan merilis buku terbarunya: Sebulan di Negeri Manga di La Macca Creative Corner. 

Kontributor: Reyhan Ismail

Time