Skip to main content

Workshop Wikipedia: Belajar Bersama Yayasan Lontara

Workshop Wikipedia: Belajar Bersama Yayasan Lontara

[Makassar] Jumat 4 Mei 2018. Workshop penulisan artikel wikipedia yang diadakan di Ruang Sidang lantai 3 Museum Kota ini berlangsung lancar. Acara yang diikuti oleh 12 peserta dari berbagai kalangan dimulai pukul 09:00-15:00 Wita. Ruangan yang cukup luas dengan kursi dan meja layaknya ruang sidang jaman belanda, dilengkapi dengan pendingin ruangan yang menambah nyaman proses workshop. Dipandu oleh tiga orang pemateri yaitu Chris Woodrich, seorang wikipediawan yang tergabung dalam WikiMedia Indonesia, Iven Manning dan Hani Hasanah yang merupakan bagian dari yayasan Lontar. Yayasan Lontar sudah berdiri sejak tahun 1987 adalah organisasi yang betujuan untuk mempromosikan sastra dan budaya indonesia dengan melakukan terjemahan karya-karya sastra indonesia ke bahasa asing agar dapat diakses oleh khalayak internasional. "Yayasan lontar secara aktif terus melakukan WikiTulis sejak tahun 2011," ungkap Hani Hasanah.

Sesi pertama peserta dipandu secara bertahap dalam membuat artikel pada platform wikipedia. Diawali dengan pembuatan akun, pembuatan deskripsi diri,  membuat pranala templat, serta cara menyunting suatu artikel. Masing-masing peserta diberikan lembaran materi dengan nama penulis yang berbeda, lengkap dengan informasi dan karya-karyanya  kemudian ditugaskan untuk membuat artikel baru. Setiap artikel yang dituliskan harus bersifat netral dan deskriptif serta menggunakan sumber terpercaya seperti jurnal ilmiah, buku dan surat kabar.

Pada sesi terakhir, peserta kembali ditugaskan membuat artikel, namun kali ini dengan mencari materi sendiri serta tak lagi dipandu oleh Chris. Artikel yang telah dipublikasikan kemudian direvisi dan dipaparkan kekurangannya masing-masing melalui layar proyektor.

 

Kontributor: Sry Novi Yanti Sofya

Time