World Literature: Living as Minority in German by Fatma Aydemir

Memasuki hari ketiga tepatnya Jum'at 4 April 2018, pergelaran Makassar International Writers Festival semakin banyak dikunjungi oleh berbagai golongan masyarakat dari berbagai daerah. Termasuk program yang bekerja sama dengan beberapa Universitas di Makassar. Salah satu di antaranya adalah program World Literature: Living as Minority in Germany yang dibawakan Fatma Aydemir di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar.

Program tersebut di moderatori oleh Feby Indirani, salah seorang penulis dan jurnalis yang baru saja ikut meluncurkan bukunya berjudul "Bukan Perawan Maria" di MIWF 2018 ini. Fatma Aydemir selaku pembicara utama sendiri adalah seorang penulis Jerman berdarah Turki yang lahir pada tahun 1986 dan dikenal menulis hal-hal yang bertemakan feminisme, rasisme dan migrasi dalam karya-karyanya.

Dalam kesempatan di program tersebut, ia membuka diskusi dengan membacakan beberapa isi dari bukunya  Ellbogen. Buku ini, menurut Fatma bercerita tentang seorang  gadis berusia 17 tahun bernama Hazal Akgündüz. Sebagai karakter protagonis, hidup Hazal dipenuhi dengan kemarahan karena berada ditengah-tengah identitas yang sama-sama tidak menerimanya sehingga sering mendapatkan nuansa rasisme di sekitar lingkungannya.

Sebagian besar peserta yang hadir dalam diskusi tersebut adalah mahasiswa sastra Universitas Negeri Makassar. Beberapa diantaranya ikut memanfaatkan kesempatan langka tersebut untuk bertanya seputar bagaimana proses kreatif lahirnya karya Ellbogen dan bagaimana Fatma Aydemir menjalani hidup sebagai kaum minoritas di negara Jerman.

Beberapa peserta yang aktif memberikan pertanyaan selama acara juga diberi apresiasi berupa bingkisan dari Goethe Institut. Program World Literature: Living as Minority in Germany dimulai pukul 10.15 dan berakhir pukul 11.30 di Perpustakaan Universitas Negeri Makassar Gunung Sari.

Sebelum program World Literature: Living as Minority in Germany Fatma Aydemir juga sempat membawakan beberapa program di MIWF 2018, salah satunya adalah Discussion Series ; History and Tradition Literatur yang dibawakan bersama Faisal Oddang, Jamil Massa, Leonie Norrington dan dimoderatori oleh Feby Indirani dan Ruang Bersama ; Relax it's just religion yang dibawakan bersama Hikmat Darmawan, Feby Indirani dan dipandu oleh Olin Monteiro.

 

Kontributor: Reyhan Ismail

Time