Childern's Literature Program: Dongeng Bersama

MAKASSAR – Satu di antara program rutin yang diselenggarakan oleh Makassar International Writers Festival adalah program yang memfasilitasi anak-anak usia dini. Hal yang sama kembali diterapkan di tahun ini. Children's Literature Program: Story Telling and Craft merupakan program yang akan memfasilitasi anak-anak yang turut serta di MIWF.

Dalam acara yang dibawakan oleh Debby L. Geyardi, Progam Children’s Literature Program dibuka dengan menyanyikan lagu Matahari Terbit. Anak- anak yang usianya kira-kira masih duduk di bangku sekolah dasar ini yang hadir turut menyanyikan lagu sambil tepuk tangan dan tertawa sambil melompat- lompat di dalam ruangan.

Setelah lagu ditampilkan melalui layar dan pengeras suara usai, anak- anak kembali duduk dan memperhatikan Debby menceritakan buku yang dipegangnya. Buku itu berjudul: Cepuk Mulai Belajar Terbang.

"Cepuk merupakan nama pemberian untuk Burung Hantu, jadi di sini nanti kita akan melihat proses Cepuk dari kecil hingga belajar terbang," ujar Debby  dengan bahasa Inggris agar bisa dipahami oleh murid- murid di hadapannya.

Peraih residensi penulis itu membacakan buku hingga tuntas dalam dua versi Bahasa Indonesia dan Inggris yang sudah tertulis di dalamnya. Salah seorang anak Mikhael diminta duduk di sampingnya, kemudian mengenakan sarung tangan bermotif burung hantu, lalu memperagakan narasi yang dibacakan oleh Debby.

Anak- anak tampak antusias dan turut bermain bersama buku dongeng. Buku dongeng merupakan salah satu metode pembelajaran yang bisa membuat anak- anak tidak tertekan dalam belajar. Sebaliknya, metode Buku Dongeng justru bisa membuat mereka terlibat dan antusias mengikutinya.

 

Kontributor: Rahmi Djafar

Time